Refleksi Capaian Prestasi LAPAN 2021, Akhir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional


T. Djamaluddin

Kepala LAPAN (2014 – 2021)

Refleksi Capaian Prestasi LAPAN 2015, Refleksi Capaian Prestasi LAPAN 2016-2017 , Refleksi Capaian Prestasi LAPAN 2018, dan Refleksi Capaian Pretasi LAPAN 2019 adalah catatan capaian LAPAN selama lima tahun melaksanakan visi LAPAN 2015-2019  untuk menjadi “Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri”. Alhamdulillah akhirnya visi tersebut tercapai dengan kerja keras seluruh pegawai LAPAN dan sinergi dengan berbagai mitra nasional dan internasional, setidaknya dengan ditetapkannya semua pusat teknis yang menjalankan 7 program utama LAPAN sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) pada akhir 2019.

Visi LAPAN selanjutnya untuk 2020-2024 adalah menjadi “Penggerak Sektor – Sektor Pembangunan Nasional Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa Dalam Mewujudkan Visi Misi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”.

Upaya yang dilakukan adalah terus membenahi tata kelola organisasi dengan Program Besar Reformasi Birokrasi serta peningkatan kompetensi dan layanan dengan tujuh Program Utama. Tujuh Program Utama LAPAN adalah

1- Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional,

2- Pengembangan Sistem Pemantau Bumi Nasional,

3- Pengembangan Teknologi Satelit,

4- Pengembangan Teknologi Aeronotika,

5- Pengembangan Teknologi Roket,

6- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dinamika Atmosfer Ekuator, dan

7- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Cuaca Antariksa.

Prioritas Riset Nasional dan Prioritas Bidang yang sedang dilaksanakan LAPAN mulai 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi Penginderaaan Jauh untuk Kawasan Konservasi, Pencegahan Pencemaran, Kebencanaan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
  2. Teknologi Pesawat N-219 Ampibi
  3. Teknologi Pesawat Tertabng Tanpa Awak MALE (Middle Altitude Long Endurance) (dikoordinasikan BPPT)
  4. Teknologi Roket Dua Tingkat
  5. Teknologi Satelit Konstelasi Komunikasi Orbit Rendah
  6. Pembangunan Observatorium Nasional
  7. Model Pemanfaatan dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan (SDGs)

Program riset dan inovasi serta layanan LAPAN terus ditingkatkan dan tata kelola organisasi terus dibenahi. Alhamdulillah, LAPAN selama tahun 2020 mencatatkan banyak prestasi yang kami jadikan sebagai pemacu semangat dan kepercayaan diri, tanpa melupakan aspek-aspek yang masih perlu diperkuat. Namun menjelang akhir 2021, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diintegrasikan ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sejak 1 September 2021 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional bertransformasi menjadi Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa dengan nama tetap “LAPAN”. Berikut capaian prestasi LAPAN selama Januari – Agustus 2021:

Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima penghargaan dari MenpanRB sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Kategori “Sangat Baik”.

Penilaian tertinggi (Sangat Baik) dari MenpanRB atas prestasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) 2020.

Nilai Indeks Reformasi Birokrasi (RB) dari MenpanRB naik dari 77,55 (2019) menjadi 78,04 (2020).

Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dari MenpanRB naik dari 74,24 (2019) menjadi 74,74 (2020).

LAPAN menerima penghargaan peringkat 2 pengawasan kearsipan 2020 tingkat LPNK.

LAPAN mendapat BKN Award 2021 peringkat II untuk Kategori III (Penilaian Kompetensi) lingkup LPNK Tipe B.

Alhamdulillah, saya sudah mengantarkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencapai prestasinya yang terbaik, sejak 2014 – Agustus 2021. Tentu saja kerjasama seluruh pegawai yang sangat baik menjadi faktor utamanya. Pada 1 September 2021 saya dilantik kembali menjadi Peneliti Utama sebagai Profesor Riset Astronomi-Astrofisika. Secara otomatis itu mengakhiri posisi saya sebagai Kepala LAPAN. Kebetulan, saya juga menjelang batas usia Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) 60 tahun pada Januari 2022. Saya kembali ke habitat peneliti di Pusat Riset Sains Antariksa, di Bandung. Semoga diberi kesempatan untuk berkarya sampai batas usia pensiun (BUP) Peneliti Utama, 70 tahun.

Pelantikan secara virtual Pejabat Fungsional pada 1 September 2021

Satu Tanggapan

  1. Terima kasih banyak pak Jamal atas capaian LAPAN. Semoga bapak sehat dan sukses selalu. Dan Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) tambah maju, berkembang dan produktif dalam melayani Indonesia !

Tinggalkan komentar