Ulasan Astronomi #2024-022: Syarat Unifikasi Kalender


Bagaimana unifikasi kalender internasional akhirnya tuntas, walau perlu ratusan tahun? Mengapa unifikasi kalender Islam belum terwujud juga?

2 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum, Prof saya ingin bertanya mengenai kriteria LAPAN yang dijelaskan dalam buku Astronomi Memberi solusi penyatuan umat. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa kriteria LAPAN kemudian disempurnakan dan disederhanakan dengan dua aturan. Jarak sudut bulan-matahari >6,4 derajat dan beda tinggi bulan-matahri >4 derajat. Namun tidak ada keterangan mengenai umur bulan, sedangkan dalam kriteria lama (2-3-8) ada ditentukan umur bulan. Apakah yang menyebabkan umur bulan tidak masuk dalam ketentuan pada kriteria LAPAN tersebut? terima kasih Prof.

    • Parameter fisis hilal bisa dengan elongasi, umur hilal, atau tebal hilal. Jadi elongasi sdh cukup mewakili parameter fisis hilal. Dengan bertambah umurnya, elongasi dan tebal hilal semakin besar. Parameter gangguan ketampakan hilal bisa menggunakan beda tinggi bulan-matahari, tinggi bulan, atau beda waktu terbenam matahari-bulan (lag). Beda tinggi 4 derajat setara dengan tinggi bulan 3 derajat 10′ (dibulatkan 3 derajat) atau lag 13 menit.

Tinggalkan komentar